Kamis, 05 Desember 2019

Faktor Kesuksesan Belajar

Kesuksesan belajar dalam bentuk Nilai tertinggi, prestasi terbaik dan mungkin lolos ujian merupakan harapan bagi setiap siswa/mahasiswa/peserta didik.
Banyak siswa yang sukses bukan hanya karena keberuntungan, namun mereka memiliki strategi belajar yang efektif.

Efektif dalam artian tepat sasaran, sehingga tujuannya tercapai.
Namun banyak pula yang gagal karena mereka menyepelekan belajar, tidak mengerti cara belajar atau strategi belajar yang efektif.

Kegagalan adalah kesuksessan yang tertunda, namun ketika terjadi gagal tentunya akan merasakan pahit, sehingga lebih baik kita mencegah terjadinya kegagalan tersebut.
Marilah kita berusaha untuk menjadi yang terbaik dari diri kita sendiri. Untuk itu yang kita perlukan adalah strategi belajar yang efektif.

Kalau ujian nasional ( UN )/ USBN sudah di depan mata, strategi belajar sangat penting untuk dimiliki. Kita harus bisa menetapkan target belajar dan menggunakan teknik-teknik belajar yang sesuai.

Kesuksesan dalam belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu :

  1. Faktor Eksternal
  2. Faktor Internal

Faktor Eksternal

Faktor eksternal di antaranya adalah :
  • Lingkungan tempat belajar
  • Sarana / media belajar
  • Sumber pelajaran
Lingkungan yang digunakan untuk tempat belajar harus disesuaikan dengan kemampuan seseorang. Bila kita tidak mampu belajar di tempat yang agak bising, maka perlu mencari tempat yang tenang.

Namun bila memang lebih suka di tempat yang ada musiknya, atau suasana ramai itu tidak akan menjadi masalah, selama kita bisa fokus. Bahkan ada yang senang belajar dengan memutar lagu rock. Yang penting adalah kita senang saat belajar.

Sarana / media belajar dapat berupa : alat tulis, meja belajar, lampu yang cukup terang, kursi, peralatan untuk praktek (musik, elektronik, dll). Semuanya itu dapat dipersiapkan terlebih dahulu sebelum belajar.

Sumber pelajaran bisa berupa buku, internet, rekaman video / suara, komputer / laptop, dan dokumen-dokumen lainnya.

Memilih sumber pelajaran / ilmu menentukan juga keberhasilan belajar, karena kalau yang dipelajarinya tidak ditemukan pada sumber pelajaran yang dipilihnya, maka target belajarnya tidak tercapai.

Faktor Internal

Faktor internal yaitu : 
  • Kesiapan fisik
  • Kesiapan mental
Dalam belajar, harus dipersiapkan fisiknya yaitu tubuh kita harus segar dan siap untuk melakukan aktifitas.
Janganlah memulai belajar ketika tubuh kita lelah / capek, karena hasilnya tidak akan maksimal.

Belajar juga jangan dilakukan secara terus-menerus bahkan untuk membuat terjaga berani meminum banyak kafein. Ingatlah tubuh kita juga perlu beristirahat, tidak boleh dipaksakan bekerja dalam jangka waktu yang lama. Hal tersebut dapat menyebabkan kesehatan kita terganggu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar