Jumat, 06 Desember 2019

Tips Menghadapi UN dan USBN

Ujian Nasional (UN) dan USBN merupakan ajang untuk menunjukkan kemampuan kita dari segi akademik. Saat itulah buah ketekunan belajarmu dinilai. Janganlah khawatir saat menghadapi UN, jangan grogi dan bimbang. Tips berikut akan dapat mendukungmu dalam menghadapi UN.

1. Perbanyak Latihan Soal.

Dengan memperbanyak latihan soal, kamu akan terbiasa mengerjakan berbagai jenis soal.  Latihan akan membuatmu lebih percaya dengan kemampuanmu. Semakin lama penguasaan materi pelajaran akan semakin baik. Setelah banyak latihan, kamu tak perlu cemas dan grogi dalam mengerjakan soal-soal UN.

2. Belajar Kelompok

Ketika belajar kelompok, kamu akan bisa berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam mengerjakan soal-soal latihan ujian. Kamu dan temanmu akan saling menguatkan semangat belajar dan saling memberikan contoh cara memecahkan masalah dalam soal ujian.

3. Biasakan Jujur dan Tidak Mencontek

Tindakan yang tidak terpuji pada saat mengerjakan UN akan berdampak sangat besar pada penilaian. Kamu sebaiknya bersikap jujur dan percaya diri sehingga tidak perlu mencontek, atau membeli bocoran soal kepada oknum. Berusahalah dengan sunguh-sungguh dan dengan niat yang ikhlas.

4. Cegah Belajar Kebut Semalam

Belajar secara mencicil akan lebih mudah bagi otak kita untuk mencerna dan mengingatnya. Belajar Sistem Kebut Semalam belum tentu efektif buat kamu, karena bisa dibayangkan pelajaran selama 1 tahun harus dikuasai selama 1 malam rasanya kan tidak mungkin. Belum lagi secara fisik bisa berbahaya buat kesehatan. Jadi Usahkan jangan Belajar Kebut Semalam.

5. Tingkatkan Konsentrasi

Konsentrasi belajar berarti kamu fokus untuk menyelesaikan target lulus UN. Dalam rangka meningkatkan konsentrasi belajar, kamu bisa mengurangi kegiatan-kegiatan atau hobi yang bisa mengganggu belajarmu. Contohnya : bermain game, nonton TV, dan chatting.

6. Berdoa

Semua kenikmatan, kesenangan, keberhasilan, kesuksesan adalah karena kita diberikan jalan oleh Tuhan untuk mendapatkan semuanya itu. Tanpa adanya kasih sayang Tuhan, kita tidak akan mendapatkannya. Oleh karena itu sering-seringlah berdoa

Jadi itulah beberapa tips persiapan menghadapi UN. Kalau sobat mempunyai tips yang lain, share ya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar