Kamis, 05 Desember 2019

Trik Menghafal

Beberapa teknik menghafal akan diungkapkan di sini.

Mnemonik

Misalnya ada beberapa kata yang ingin kita hafalkan : 'mawar', 'flamboyan', 'melati', 'tulip', 'teratai', 'kenanga'
Kita bisa menyingkatnya menjadi ma-fla-me-tu-te-ke atau menyusunnya menurut keinginan kita sehingga lebih mudah untuk dihafalkan.

Suara 

Menghafal untuk mode suara adalah bagi orang yang memiliki kekuatan penangkapan yang baik terhadap suara.
Sekali dengar sesuatu langsung dapat diingat, atau lebih mudah mengingat sesuatu dengan cara mendengarkan.
Ada pula yang senang membuat lagu dan menyanyikan apa yang sedang ingin dihafalkannya
Yang penting adalah memanfaatkan kekuatan pendengaran untuk mengingat sesuatu.

Gambar

Ada juga orang yang mampu mengingat bila melihat wujudnya atau gambarnya. Oleh karenanya, untuk mengingat / menghafal bagi orang seperti itu perlu menggambarkan apa yang ingin dihafalnya atau mencari gambar yang berkaitan dengan apa pun yang ingin dihafalkannya.
Dengan membayangkan gambar-gambar yang berkaitan dengan apa yang ingin dihafalnya dapat membantu lebih menguatkan ingatan terhadap apa yang sedang dihafalkan.

Praktek

Orang yang senang bergerak atau memiliki kemampuan psikomotor lebih kuat akan mencoba untuk menghafalkan sesuatu dengan cara melakukan gerakan atau bila itu berkaitan dengan keterampilan, maka dia akan mempraktikkannya.

Kombinasi

Bila beberapa jenis kekuatan (suara, gambar, psikomotor) dapat digabungkan, kemungkinan daya ingat / hafalannya akan lebih kuat.
Kombinasi dari beberapa cara menghafal akan lebih menguatkan ingatan untuk jangka waktu yang cukup lama.

7 Brain Hacks to Learn and Memorize Things Faster

Sumber : The Science Explorer

Tidak peduli apakah anda pelajar, seorang professional, orang tua atau pengangguran, semuanya akan belajar sesuatu yang baru setiap hari.
Bisa jadi belajar gitar, belajar bahasa baru, mencari akar suatu bilangan, bagaimana berbicara di depan pendengar dengan percaya diri.

Otak kita akan menyerap informasi-informasi baru.
Tak dapat disangkal, belajar keahlian yang baru dapat membuat frustasi dan membutuhkan waktu, tapi bagaimana kalau ilmu pengetahuan dapat membantu sedikit mempercepat prosesnya?

Berikut ini ada 7 cara untuk belajar dan mengingat lebih cepat :

Berlatihlah (olahraga) untuk menjernihkan kepala

Kerja keras itu bagus buat tubuh, tapi otak kita dapat kehilangan manfaatnya juga.
Olahraga dapat meningkatkan belajar dan memori, jadi jika anda telah melewati batas tulisan atau menemui jalan buntu saat memikirkan soal matematika, cobalah berjalan atau pemanasan (olahraga singkat).

Suatu studi di tahun 2013 menemukan bahwa olahraga dapat memberikan manfaat yang cepat baik untuk yang muda, yang tua atau orang dewasa - setelah 15 menit olahraga ringan, pembelajaran peserta menunjukkan peningkatan dalam memori dan proses pengenalan.

Tulislah apa yang dibutuhkan untuk diingat, selalu begitu dan begitulah terus

Hal ini akan seperti pekerjaan yang sangat banyak karena melakukan hal yang sama secara terus-menerus dan berulang, tapi kegiatan sederhana ini dapat berguna untuk peningkatan memori Anda.

Riset telah menunjukkan bahwa membuat daftar masalah atau fakta dapat meningkatkan kemampuan untuk mengingat hal-hal tersebut dari pada membaca ulang buku.

Lakukan Yoga

Yoga adalah cara mudah untuk meningkatkan otak Anda menjadi lebih 'abu-abu', yang mencakup pengendalian otot dan persepsi sensor seperti pembicaraan, memori, pengambilan keputusan dan penglihatan. Riset menunjukkan bahwa orang yang berlatih yoga lebih sedikit menghasilkan kegagalan kognitif.

Bayangkan, studi tahun 2012 menemukan bahwa hanya 20 menit yoga dapat mempercepat fungsi otak serta studi, mengarahkan mereka untuk tampil lebih baik pada test fungsi otak baik kecepatan dan akurasi.

Barangkali ada olahraga sejenis yoga di masing-masing daerah yang dapat digunakan sebagai pengganti yoga, itu bisa menjadi alternatif ya.

Belajar atau latihan di sore hari

Meskipun Anda merasa sebagai orang yang kerja pagi atau kerja malam, sedikitnya sebuah studi menunjukkan bahwa fokus pada pekerjaan di sore hari dapat memberikan dampak jangka panjang pada pelatihan memori dari pada waktu lain.

Hubungkan sesuatu yang baru dengan yang telah kamu ketahui

Mengacu kepada Loma Linda University School of Medicine, teknik berbasis otak yang luar biasa untuk mempertahankan memori adalah menghubungkan informasi yang baru dengan apa yang pernah kita ketahui. Misalnya jika Anda telah belajar tentang Romeo and Juliet, Anda bisa menghubungkan apa yang telah dipelajari dengan pengetahuan sebelumnya tentang Shakespeare dan informasi-informasi yang lain.

Menjauhlah dari multitasking

Dalam dunia technology-driven, kita sudah terbiasa mengangkat smartphone sambil mengerjakan tugas yang lain. Mungkin itu dapat ditangani, namun bila ingin mencoba mengingat sesuatu, sebaiknya cukup fokus pada satu hal saja.

Ajarkan apa yang telah kamu pelajari pada orang lain

Sharing apa yang telah dipelajari berupa skill atau ilmu pengetahuan, adalah satu cara efektif untuk memadatkan informasi baru ke dalam otak, menurut Loma Linda University.

Proses mentranslasikan apa informasi yang dimiliki menjadi kata-kata dapat membantu otak kita untuk memahaminya, dan banyak cara inovatif dalam mengajarkan sesuatu kepada orang lain. Mungkin maksudnya adalah seperti mematri / mengunci pengetahuan ke dalam otak kita, sehingga tidak akan lepas lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar